Selasa, 28 Januari 2014

Mengapa keberadaan dasar negara dianggap penting bagi suatu negara?


Sebenarnya artikel ini saya buat karena saya dapat tugas dari guru PKN, dan saya juga ingin berbagi informasi pada teman-teman dan orang lain tentang materi yang insyaallah saya kuasai.  Tak perlu berlama-lama basa-basi-nya,Silahkan dan Selamat mmbaca.
Dasar negara adalah dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan suatu ngara dalam bidang ideologi,politik,ekonomi,sosial budaya,pertahanan dan keamanan. Tentu kita sudah mengetahui definisi dari Dasar Negara, Nah pertanyaannya sekarang adalah Mengapa keberadaan dasar negara dianggap penting bagi suatu negara?? Karena dasar negara memiliki fungsi sebagai berikut. Mari kita simak yang dibawah ini.
Fungsi dasar negara
Setiap negara atau setiap bangsa di dunia ini menginginkan suatu keadaan yang ideal atau seimbang bagi setiap aspek (bidang) kehidupan. Untuk itu, dasar negara atau ideologi negara memiliki fungsi sebagai berikut.
1)      Dasar untuk berdirinya kedaulatan negara.
Setiap negara yang akan berdiri dan berdaulat harus memenuhi persyaratan konstitutif dan persyaratan deklaratif. Salah satu pernyataan yang paling mendasar yang akan dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara adalah dasar negara.
2)      Dasar kegiatan dalam penyelenggaraan negara.
Para penyelenggara negara di dalam mewujudkan segala cita-cita dan tujuan nasional harus berdasarkan pada dasar negara, yaitu di dalam melaksanakan segala kegiatan ketatanegaraan.
3)      Dasar dan sumber hukum nasional.
Kedudukan dasar negara dalam suatu negara sangat penting karena merupakan suatu norma dasar bagi negara yang besangkutan, selain menjadi sumber bagi perundangan negara serta norma tertinggi dalam suatu negara sehingga semua kegiatan negara harus berdasarkan pada hukum yang berlaku.
4)      Dasar bagi hubungan antarwarga negara.  
Semua aktivitas warga negara harus didasarkan pada dasar negara. Dengan demikian, kebebasan individu tidak merusak semangat kerja sama antara warga begitu pula sebaliknya, kerja sama antarwarga tidak boleh merusak kebebasan individu.
Demikianlah artikel tentang Mengapa keberadaan dasar negara dianggap penting bagi suatu negara?. Jika ada salah penulisan huruf,kata,atau kalimat,mohon dimaafkan karena saya baru belajar membuat artikel ini. Semoga artikel ini bermaanfaat bagi semuanya. Terimakasih telah membacanya.

( Written By : Mega Hartini )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar