Sabtu, 01 Februari 2014

Mengembangkan dan membangun karakter bagi pengurus osis


Mengembangkan dan membangun karakter bagi pengurus osis
Berikut ini adalah karakter yang harus dimiliki oleh setiap pengurus osis :
1)   Berkarakter mandiri
sebagai pengurus osis anda harus bertanggungjawab atas apa yang telah menjadi amanat dari teman – teman anda di sekolah .  Maju atau tidak nya sekolah anda tergantung pada diri anda. Maka dengan itulah didalam diri anda harus di tumbuhkan karakter mandiri.
2)   Mampu memotivasi diri
Sebagai pimpinan pengurus osis anda harus bisa memotifasi diri anda supaya kedepan organisasi intra sekolah menjadi lebih aktif. Ibarat bus anda adalah sopirnya anda yang harus menentukan tujuan kemana bus itu akan berjalan. Jangan mengikuti kreta kemanapun pergi hanya menggunakan satu jalur . hal itu tidak menumbuhkan daya kreatif anda di sini.
3)   Mempunyai kedisiplinan waktu
Kedisiplinan sebagai pengurus osis itu sangat penting. Ingatlah anda adalah pemimpin,anda adalah orang pilihan di sekolah anda . maka dari anda lah contoh kedisiplinan sekolah terpancar.
4)    Manfaatkan peluang
Memanfaatkan waktu anda sebagai peluang ibaratkan pepatah “ waktu adalah ilmu”. Jadi gunakanlah waktu anda sebaik mungkin. Jangan menjadi “PENGACARA” (pengangguran banyak acara) sebagai pengurus osis anda harus bisa meminits waktu anda agar menjadi pengurus osis tidak lupa dengan tugas anda sebagai seorang pelajar.
5)   Kreatif dan inovatif
Percayalah bahwa anda adalah apa yang anda fikirkan . artinya anda harus yakin dengan pemikiran anda .tumbuhkan jiwa kreatif & inovatif pada diri anda sebagai pimpinan osis. “TAK SAMA ADALAH PILIHAN DALAM HIDUPKU” pemikiran seperti ini yang harus anda ingat untuk menjadi seorang pengurus osis agar menumbuhkan daya kreatifitas didalam berorganisasi.
6)   Berani mengambil resiko
Anda harus bisa mengambil resiko tentang program kerja anda. Kemungkinan program kerja anda tidak di setujui guru/teman-teman anda tetapi alangkah baik nya jika anda menerima itu dengan ikhlas . mungkin anda bisa menyusun kembali program kerja bersama teman-teman osis anda. Pada dasarnya setiap permasalahan yang anda tempuh pasti ada celah yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang berkarya.
7)    Dan yang terakhir besyukur
Bersyukurlah tentang apa yang tlah Tuhan berikan kepada anda. Selalu berdoa dan meminta petunjuk nya agar kedepan pengrus osis khususnya dan siswa-siswi di sekolah anda memiliki jiwakarakter yang luhur. Berdoalah dengan ikhlas niscaya Tuhan mengabulkannya.

_Teh Nanda Andriani_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar