Selasa, 03 April 2018

apa itu BPA

Apa itu BPA?
BPA (Bisphenol-A) merupakan sebuah senyawa kimia yang biasanya digunakan dalam proses pembuatan plastik polikarbonat, yang merupakan bahan plastik yang bening dan kuat, yang banyak digunakan untuk pembuatan botol-botol minum, botol susu bayi, dan bahkan pada kepingan CD/DVD. Dalam struktur molekulnya, ikatan antar BPA pada polimer plastik tidak stabil seiring dengan waktu dan juga penggunaan. BPA ini dapat terlepas dari struktur polimer plastik. Dan biasanya, BPA ini dapat lebih mudah terlepas dari struktur polimer plastik jika terangsang panas (panas cahaya matahari, air panas, hawa panas dalam mobil).

Lalu, apakah BPA berbahaya bagi kesehatan kita? Itu semua tergantung dari seberapa besar konsentrasi BPA yang "terkirim" ke dalam tubuh kita. Ada batas toleransi yang telah ditetapkan oleh badan-badan kesehatan dunia. US Environmental Protection Agency telah menetapkan batas tolerasi intake BPA sebesar 0,05mikrogram/kgbb/hari. Kecil sekali bukan? Ketika kita memasukkan air panas ke dalam botol berBPA, tindakan tersebut akan menyumbang pelepasan BPA sebesar 0,5mikrogram/L.

BPA memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh, terutama jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama. Para peneliti menemukan bahwa BPA dapat menyebabkan kanker prostat, kanker payudara, pubertas lebih awal, perubahan sistem imun, mengganggu pengaturan hormon tiroid, dan masih banyak lagi. Bayangkan saja jika kita menggunakan botol dengan plastik yang mengandung senyawa BPA, ketika terkena panas, senyawa BPA itu mudah terlepas dari plastik dan akan larut dalam air minum yang berada dalam botol tersebut


sumber: http://akupedulilingkungan.blogspot.co.id/2012/07/racun-bpa-apa-itu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar